Konten Desa Telaga Dringo, bak Surga Tersembunyi di Kawasan Dieng

Telaga Dringo, bak Surga Tersembunyi di Kawasan Dieng

-

- Advertisment -

Terbentuk dari efek letusan Gunung Sinila di tahun 1786, Telaga Dringo ini adalah salah satu wisata alam di Jawa Tengah dengan pemandangan yang menakjubkan banget bro. Pada awalnya, letusan Gunung Sinila ini membentuk sebuah cekungan besar yang disebut sebagai kawah mati. Tapi seiring dengan waktu, cekungan itu terisi oleh air hujan sampai akhirnya terbentuk lah Telaga Dringo yang bisa lo lihat ini. Wisata Dieng yang satu ini mendapatkan namanya dari tumbuhan yang berada di sekitaran telaga, dan tumbuh secara alami. Bisa lo tebak lah nama dari tumbuhan itu gak lain daripada “Dringo”, jadi lah telaga wisata Dieng ini dinamakan Telaga Dringo atau Telaga Sidringo. Perlu lo catat nih bro, wisata Dieng Telaga Dringo ini disebut sebagai destinasi telaga tertinggi dan terindah se-Jawa Tengah.

Terletak di sebelah barat daya Dataran Tinggi Dieng, Telaga Dringo ini berdekatan dengan Kawah Candradimuka dan Sumur Jalatunda. Lokasi Telaga Dringo ini tepatnya berada di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Jika lo mau melakukan perjalanan menuju Telaga Dringo ini lo akan melalui jalur akses telaga yang dikenal dengan nama Cemeti. Nah, perlu lo catat nih bro kalau perjalanan yang harus lo tempuh menuju Telaga Dringo ini cukup menantang. Singkat cerita, wisata Dieng yang satu ini belum dikelola secara profesional jadi lo harus melewati hutan dengan setapak kecil. Tapi ya buat lo yang punya jiwa petualang tinggi, jalan yang beum terbenah rapi dengan medan menanjak ini gak akan jadi masalah lah bro. Jika perlu pun, lo bisa menyewa guide lokal yang bisa membantu memandu lo menempuh akses telaga itu.

Bicara soal akses yang relatif sulit, kondisi jalanan kecil dan menanjak serta berbatu ini gak bisa lo lewati dengan sembarang kendaraan bro. Kendaraan yang direkomendasikan untuk menempuh jalur akses Telaga Dringo ini seperti kendaraan trail atau jeep. Itu pun kendaraan hanya bisa mengantar lo sampai jalan utama Desa Pekasiran, dan lo akan harus meneruskan perjalanan dengan trekking di jalan tanah dan berbatu sekitar 20 menit.

Ada hikmah dibalik akses menuju Telaga Dringo yang sulit ini bro, yaitu lo akan bisa menikmati ketenangan dan kenyamanan bersatu dengan alam. Berada di alam yang asri jauh dari hiruk pikuk perkotaan, ditambah lagi lo akan ditemani pemandangan penduduk lokal yang bertani dan memancing di Telaga Dringo. Wah, fix sih wisata Dieng Telaga Dringo ini bisa jadi destinasi paling direkomendasikan buat lo yang mau melarikan diri bro!

Nah, kalau lo mau bener-bener ngerasain experience total bersatu di alam mengeksplor Telaga Dringo, lo bisa camping di wisata Dieng ini. Berkemah di tepian Telaga Dringo bisa benar-benar kasih lo ketenangan di tengah pemandangan perbukitan hijau yang masih perawan bro. Selain itu, kalau lo camping di Telaga Dringo, lo bisa melihat sunrise yang keren dari Dataran Tinggi Dieng.

Dengan pemandangan alam indah yang membentang dengan segala keelokannya di Telaga Dringo, lo harus banget bawa kamera. Dimana lagi lo bisa mengabadikan pemandangan wisata Dieng yang bisa dibilang salah satu danau terindah di Indonesia ini bro? Selain jadi destinasi dengan spot foto yang oke punya, Telaga Dringo juga destinasi yang oke buat lo yang punya hobi memancing bro.

Sebagai catatan buat lo bro, jika lo mau berkemah di wisata Dieng Telaga Dringo ini lo sebaiknya mempersiapkan segala keperluan lo dengan matang. Peralatan camping seperti tenda dan perlengkapan logistik lainnya gak tersedia untuk disewa disana. Jangankan perlengkapan logistik, mendapatkan makanan aja juga sulit bro di wisata Dieng Telaga Dringo ini.

Wah, gimana tuh bro wisata Dieng Telaga Dringo yang barusan dibahas ini? Menarik dan menggiurkan banget gak sih bro? Jelas aja sih wisata Dieng yang satu ini destinasi yang pas banget kalau lo mau mengasingkan diri sejenak dari kehidupan perkotaan yang bikin hari-hari lo suntuk banget.

Buruan deh lo masukin destinasi wisata Dieng yang satu ini ke dalam traveling itinerary lo, dijamin lo gak akan nyesel. Selamat merencanakan jalan-jalan lo yang berikutnya bro!

 

(sumber : https://www.superadventure.co.id )

Latest news

Mengulik Desa Bersejarah Di Magelang

Pos Mati menjadi salah satu tempat yang dikunjungi wisatawan domestik maupun internasional saat berkunjung ke Desa Wisata Giritengah, Magelang. Menilik...

Makam Gunung Pring Ramai Dikunjungi Wisatawan

Informasi Umum Wisata Religi Komplek Makam Gunung Pring di Muntilan Magelang Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada...

Kolam Renang dengan Latar Belakang Alam

Jika anda merasa jenuh dan ingin jauh dari hiruk pikuknya suasana di kota, tidak ada salahnya jika kita berwisata...

Pepaya Gunung, Buah Unik Kaya Manfaat

Pepaya Gunung (Carica) Pepaya Gunung atau Pepaya Dieng atau Carica adalah tanaman kerabat pepaya yang hidup di dataran tinggi basah 1.500–3.000 m di atas permukaan laut. Tanaman...
- Advertisement -

Ratusan Wisatawan Hadir Memeriahkan Tradisi “SOWAN NGALAS”

Ribuan masyarakat mengikuti kirab budaya menelusuri jalan menuju tempat wisata Curug Plethuk, di Desa Wisata Pesangkalan Banjarnegara, ratusan wisatawan...

Indahnya Panorama Wisata Ketep Pass

Ketep Pass adalah sebuah tempat wisata yang ada di Magelang, wisata yang akhir – akhir ini populer. Wisata ini berada...

Must read

Makam Gunung Pring Ramai Dikunjungi Wisatawan

Informasi Umum Wisata Religi Komplek Makam Gunung Pring di Muntilan...

Pepaya Gunung, Buah Unik Kaya Manfaat

Pepaya Gunung (Carica) Pepaya Gunung atau Pepaya Dieng atau Carica adalah tanaman kerabat pepaya yang...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you